Belajar Menyetir Mobil Matic Mudah dan Sederhana

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering dikendarai. Nah omong-omong, sudah seberapa lama Anda bisa menyetir? Apakah bisa mengendarai mobil dengan cakap? Menyetir mobil tidak mudah, lho. Perlu konsentrasi dan koordinasi yang baik antara kemampuan visual dan motorik. Biasanya, beberapa orang merasa kesulitan saat mengendarai mobil transmisi manual.

Kenapa? Tentunya diperlukan konsentrasi yang baik agar bisa mengendalikan laju mobil. Maka tidak jarang Kita menemui tempat kursus setir mobil. Dan bukan hanya jenis mobil transmisi manual, melainkan juga ada transmisi matic. Anda perlu mencoba belajar menyetir mobil matic. Barangkali suatu saat Anda harus mengendarai mobil yang ternyata transmisi matic, maka Anda pun harus bisa menyetirnya.

Saat ini, mobil matic sudah banyak. Karena penggunaannya yang lebih mudah dan simpel, maka banyak pula yang menggemari mobil ini.  Mobil matic dibekali dengan teknologi canggih yang sederhana dalam pengoperasiannya. Dan tentunya juga sudah ada sistem keamanan yang tinggi untuk penggunanya. Jika Anda berminat dengan mobil matic, Anda juga perlu belajar bagaimana cara mengendarainya.

Beberapa Fakta Mengenai Mobil Matic

belajar menyetir mobil matic xenia
Sumber : carousell.com

Sebelum belajar menyetir mobil matic, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang di antaranya adalah:

  • Mobil matic tidak akan menyala atau hidup jika posisi tuas tidak pada lokasi P.
  • Saat macet atau mesin mati di jalan, mobil akan tetap diam. Mobil matic tidak akan meloncat seperti halnya pada mobil manual. Ini terjadi saat Anda mengganti tuas ke arah netral.
  • Anda dan penumpang bisa tenang saat berada di jalan tanjakan saat mesin mati di mana mobil tidak akan mundur.
  • Konsentrasi Anda saat menyetir tidak serumit saat menyetir mobil manual. Di sini, Anda hanya perlu fokus pada monitor yang berada di bawah kemudi yang menunjukkan posisi persneling, lampu, tangki bahan bakar, kecepatan kendaraan hingga temperatur mesin.

Beberapa hal di atas bisa dikatakan sebagai keunggulan mobil matic. Dan tentang bagaimana cara menyetir mobil matic, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Mobil matic berbeda dengan mobil manual pada jumlah pedalnya. Pada matic ada dua pedal, sedangkan pada manual memiliki 3 pedal. Dan yang membedakannya lagi adalah mobil matic memiliki beberapa tuas yang di antaranya ada:
  • P (Park) untuk posisi parkir. Tuas ini juga bisa digunakan saat Anda berada di jalanan macet. Untuk menggunakannya, pastikan agar tuas persneling ada pada posisi P saat mobil sedang dalam kondisi berhenti.
  • R (Return) untuk mundur.
  • N (Neutral) untuk digunakan pada saat macet yang bisa membuat pengemudi tidak merasa lelah. Gunakan rem tangan pada saat di posisi N untuk memastikan mobil berhenti. Dan pada posisi ini, Anda harus melepaskan kaki dari pedal gas atau rem.
  • D atau Drive, untuk maju. Ada tiga drive, yakni D1, D2 dan D3. D1 dan D2 digunakan bagi Anda yang mau melaju di jalan dengan kecepatan laju rendah.
  1. Saat akan menyalakan mobil, pastikan bahwa tuas mobil berada di posisi P. Kemudian injak pedal rem dan nyalakan mesin mobil.
  2. Biarkan mesin menyala beberapa saat agar mesin cukup panas. Kemudian, arahkan tuas ke D1 untuk maju dan R jika ingin mundur sambil menginjakkan pedal rem.
  3. Angkat sedikit demi sedikit pijakan pada pedal rem untuk bergerak. Kemudian, injak pedal gas untuk meningkatkan laju kendaraan.
  4. Setelah melaju, Anda bisa menggeser tuas ke D1, D2 atau D3 sesuai kecepatan laju yang diinginkan. Saat di jalan yang menanjak, geser tuas mobil ke posisi L. Pada posisi ini, Anda sangat dianjurkan untuk membiasakan diri menginjak pedal rem saat menggeser tuas.

Itulah cara belajar menyetir mobil matic yang bisa Anda lakukan. Cara ini simpel dan mudah dipelajari. Selamat mencoba!