Selain Keren, Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika Juga Banyak Untungnya Loh!

Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika

Kuliah di jurusan keren seperti Teknik Informatika bukan hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa reguler saja, bagi Anda yang sudah berstatus sebagai karyawan juga bisa mengikuti kelas kuliah karyawan jurusan S1 Teknik Informatika yang sudah tersedia di banyak universitas keren saat ini.

Jurusan yang satu ini menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari, selain karena mahasiswa jurusan Teknik Informatika terlihat keren dan pintar-pintar karena begitu memahami persoalan teknologi yang rumit namun berbagai keuntungan lainnya juga bisa didapatkan dengan mudah pasca selesai kuliah jurusan ini seperti:

Lebih faham isi teknologi, bukan hanya penggunaannya saja

Teknologi merupakan suatu alat yang diciptakan dengan segala kerumitan di dalamnya, masyarakat pada umumnya hanya paham dengan bagaimana cara menggunakan teknologi tersebut tetapi tidak dengan isinya.

Namun hal ini berbeda jika Anda mengambil kuliah S1 Teknik Informatika, selain mempelajari kegunaan teknologi namun di jurusan ini mahasiswanya diajarkan pula cara memahami isi dari teknologi (dalam hal ini mulai dari menciptakan dan juga mengembangkan sebuah software maupun hardware).

Hal ini tentu saja berimbas pada lapangan pekerjaan yang ditawarkan pada mahasiswa jurusan Teknik Informatika, semakin faham ia akan isi teknologi mulai dari penciptaan sampai pengembangan, maka akan semakin banyak pula tawaran lapangan pekerjaan yang bisa diambilnya.

Bisa menjadi jasa konsultan perihal IT

Mahasiswa yang berada di jurusan Teknik Informatika mau tidak mau pasti banyak diandalkan oleh mahasiswa jurusan lain untuk dijadikan sebagai konsultan masalah IT yang mereka hadapi, entah itu masalah rumit atau yang remeh temeh sekalipun. Kegiatan seperti ini bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan pekerjaan, entah itu pekerjaan kantoran maupun freelance jika masih berstatus sebagai mahasiswa.

Jasa konsultan IT membantu para klien agar bisa mendapatkan informasi mengenai pemasangan sebuah sistem, sehingga sistem tersebut dapat berjalan dengan baik. Penghubungan perangkat-perangkat atau perakitan sebuah komputer juga umumnya bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika.

Lebih perhatian akan perubahan teknologi

Bagi yang mengambil kelas kuliah karyawan di jurusan Teknik Informatika tentunya akan lebih perhatian terhadap perkembangan teknologi yang ada,  sekecil apapun perubahan yang terjadi maka ia akan menyadari akan perubahan itu. Bukan hal yang aneh sebenarnya, karena memang hal inilah yang dipelajari selama masa kuliah.

Mahasiswa jurusan ini akan lebih menyadari betapa aspek teknologi sangat berpengaruh besar terhadap perubahan lingkungan yang sedang mereka diami saat ini, baik itu dalam sisi positif maupun negatif kehidupan yang tidak pernah terlepas dari yang namanya pengaruh teknologi.

Jika melihat perkembangan teknologi terkini, tentunya bukan hal yang mustahil di masa depan kelak teknologi informasi yang ada akan menjadi salah satu ‘nafas’ bagi umat manusia dalam menjalani kehidupannya.

Perbaikan perangkat pribadi jadi begitu mudah

Tidak ada kata ‘panggil jasa tukang service’ untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika, jika PC, laptop, atau smartphone terlihat error, anak jurusan ini bisa memperbaikinya dengan keahlian yang telah diasah semasa kuliah.

Kerusakan yang seringkali terjadi karena penggunaan yang sembrono atau sebuah kecelakaan kecil pada perangkat elektronik tidak membuat anak jurusan TI harus mengeluarkan kocek untuk memperbaikinya, cukup mengingat berbagai pelajaran yang dipelajari maka perbaikan bisa dilakukan secara pribadi. Jika pun masih tidak sanggup, untuk menghemat biaya mahasiswa di jurusan ini bisa mengandalkan kemampuan teman yang lebih ahli untuk membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Lapangan pekerjaan yang luas dan beragam

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang baru lulus kuliah S1 Teknik Informatika, mulai dari pekerjaan tetap di sebuah perusahaan atau instansi maupun pekerjaan online yang bersifat freelance (kerja lepas sesuai keinginan). Kemajuan teknologi yang semakin ‘menjadi’ dari waktu ke waktu membuat banyak pihak membutuhkan banyak alumni dari jurusan Teknik Informatika, tujuannya yakni untuk mengembangkan usaha mereka agar lebih modern dan memudahkan konsumen untuk mendapatkan fasilitas yang disediakan.

Di zaman yang dikatakan canggih ini sangat mustahil bagi alumni dari jurusan Teknik Informatika untuk menganggur atau susah mencari kerja, karena hampir semua sektor usaha yang ada pasti menggunakan jasa teknologi dalam menjalankannya.

Dilihat dari namanya, jurusan Teknik Informatika mungkin dirasa banyak orang menjadi salah satu jurusan yang sulit untuk dijalani. Pasalnya keseharian dari jurusan yang satu ini bergelut dengan pemrograman dan coding yang terlihat begitu rumit dan pasti membuat kepala pening bagi yang belum terbiasa, terlebih penamaan asing untuk berbagai istilah di jurusan ini juga terlihat tidak begitu mudah untuk dipelajari.

Namun setelah mempelajarinya beberapa saat, tentunya kesulitan yang terlihat sama saja dengan jurusan lainnya dan bergantung pada pembiasaan. Bagaimana? Masih tertarik mengambil kuliah karyawan jurusan Teknik Informatika?.